Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72 “NKRI Harga Mati”

_TEMA KEMERDEKAAN_

Masih dalam suasana kemerdekaan, masih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 thn. Kali ini banyak sekali kegiatan yang diadakan di setiap daerah, mulai dari panjat pinang, gebuk bantal, makan krupuk dan juga karnival. Sebenarnya bukan hanya tahun ini, kegiatan seperti ini sudah menjadi ritual di setiap tahunnya sejak jaman dahulu kala. Walau nyatanya saya juga tidak tau pasti awalnya tahun berapa, tapi yang jelas kegiatan semacam lomba-lomba 17an dan juga karnaval saya sudah mengikutinya sejak masih duduk di bangku TK. (Atau mungkin sedari saya belum lahir kegiatan ini sudah ada kali ya… atau mungkin sejak tahun pertama indonesia merdeka hhihihhii😀😁)

Tahun ini warga desa di kampung saya sangat antusias, Setelah sekitar 5 tahun acara 17an disini sepi (kecuali karnaval & gerak jalan masih tetap ramai) akhirnya tahun ini kembali diadakan lomba-lomba khas 17an, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan lomba-lomba khas 17an lainnya. Kembali diadakannya lomba ini membuat semarak kemerdekaan begitu terasa. (Sayang saya lupa dokumentasi waktu itu, karna lagi sibuk makan cilok hhhh)

Dan kemarin adalah karnaval terakhir. Karnaval seperti ini memang selalu ramai setiap tahunnya, tapi kali ini masyarakat memang sedang semangat mungkin ya. Karena saking antusiasnya karnaval sampai diadakan sebanyak 3 kali, di hari pertama adalah pasukan dari anak-anak Sd sekecamatan, hari kedua SMP dan SMA dan yang terakhir adalah peserta Umum (yang diikuti oleh masyarakat umum).

image

 

Karnaval Umum sebagai karnaval penutup kemarin ini alhamdulilah berjalan dengan lancar, semua peserta dan penonton sangat tertib. Tidak ada kerusuhan semua aman terkendali berkat penjagaan ketat dari para pak polisi.

Dan yang membuat saya sedikit terkesima adalah ketika para laki-laki harus berdandan ala gandrung ini. FYI ya guys, gandrung adalah seorang penari khas daerah Banyuwangi yang biasanya dibawakan  oleh penari perempuan. Gandrung ini adalah maskotnya kota Banyuwangi. Dan  saya salut sama mas-mas ganteng yang mau berdandan cantik ala gandrung kemarin. Sangat cantik-cantik sekali.

image

 

Kegiatan-kegiatan seperti ini sepertinya memang harus terus diadakan, untuk memperingati kemerdekaan sekaligus melestarikan budaya, memperkenalkan pakaian-pakaian adat khas suatu daerah. Dan juga sebagai tempat pameran karya para desainer baru juga. Banyak unsur budaya tradisional yang dipadukan dengan gaya modern. Jadi kesannya gak jadul-jadul banget.

Kegiatan 17an baik lomba atau pun karnaval sepertinya bisa memberikan dampak positif untuk keutuhan bermasyarakat. Asalkan setelah lomba semuanya bisa menerima hasil akhirnya, baik menang atau pun kalah. Dan saya kira menang atau kalah bukan sesuatu hal yang penting, karena yang paling penting adalah bisa merayakan kemenangan dan kekalahan bersama-sama agar bisa hidup rukun antar sesama. Karena itulah tujuan yang sebenarnya.

Sebagai orang yang tinggal menikmati kemerdekaan tanpa harus berjuang melawan penjajah, tugas kita sebenarnya bisa di bilang mudah. Kita hanya perlu menjaga keutuhan bernegara dan berbangsa serta mengamalkan nilai-nilai pancasila. Tapi sayangnya, banyak orang mulai mengabaikan kerukunan berbangsa, jangankan berbangsa bertetangga aja kadang masih sering cekcok 😕 .

Bagi yang sedang bingung baca postingan saya ini, Sebenarnya saya juga sedikit bigung dengan alur tulisan ini. Tapi, ah sudahlah inti yang ingin saya bahas sebenarnya adalah saya ingin mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72. Dan marilah kita bersama-sama mewujudkan persatuan negara kita. “NKRI Harga Mati”

image

3 Replies to “Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72 “NKRI Harga Mati””

  1. Congratulations on the 72nd Anniversary of Indonesian Independence! When I first became aware of your National Holiday, I was a boy and it was 1959. I started writing an Indonesian boy then. A world of events and growth have happened in your country since then, including the violence of the 1960s, yet your country continues to mature into a place where you can have pride in what you’ve done as a nation and a people!

    Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s